Masyarakat sudah banyak yang tahu mengenai PT Pertamina (Persero). Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pertambangan dan perminyakan itu, diminati banyak pencari kerja, termasuk fresh graduate.

Nah, ada kabar gembira nih untuk fresh graduates. Hingga 2 Oktober nanti, Pertamina membuka lowongan kerja untuk masyarakat Indonesia yang baru lulus kuliah.

Adapun posisi-posisi untuk program fresh graduate, yaitu Bimbingan Profesi Sarjana (BPS), Bimbingan Profesi Sarjana Teknik (BPST), Bimbingan Praktis Ahli (BPA), dan Bimbingan Praktis Ahli Teknik (BPAT).

Program Bimbingan Profesi Sarjana (BPS), BPST, BPA, dan BPAT terbuka sarjana dari 12 program studi (prodi) yakni Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi, Akuntansi, Hukum, Management Keuangan, Teknik Perminyakan, Teknik atau Sistem Perkapalan, dan Teknik Informatika atau Sistem Informasi.

Apa aja sih persyaratannya?

Kamu harus mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00. Kemudian usia maksimal tahun ini adalah 27 tahun. Kamu juga harus memiliki TOEFL: PBT 450 atau IBT 45 atau IELTS 5,5 atau TOEIC 500. Selain itu, kamu harus menyerahkan berkas salinan surat bebas Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA).

Perlu diingat, seperti disitat dari laman Setkab, Kamis (19/9/2013), Pertamina hanya mengundang pelamar terbaik untuk mengikuti seleksi. Mereka yang dipanggil merupakan hasil saringan Pertamina, dan keputusan ini tidak dapat diganggu gugat. Dalam proses seleksi, Pertamina tidak melayani surat menyurat dan tidak memungut biaya apa pun.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai detail pendaftaran, klik aja laman recruit.pertamina.com. Kamu juga dapat menghubungi Pertamina Contact Center di (021) 500 000 atau pcc@pertamina.com, serta bisa juga melalui website http://www.pertamina.com.