Sekarang sedang musim buah duku. Para penjual duku berjejeran di sepanjang jalan. Ada apa dengan duku?
Lansium parasiticum adalah nama keren dari duku atau langsat. Duku merupakan spesies pohon dalam keluarga Mahoni, yang berasal dari bagian barat Asia Tenggara. Di Filipina, buah duku dikenal sebagai lanzones, sementara di Thailand, duku disebut longkong.

Buah duku telah lama diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu khasiat apa saja yang terkandung dalam buah duku? Berikut adalah hasil rangkuman merdeka.com dari Livestrong.com.

1. Vitamin A

Buah duku kaya vitamin, terutama vitamin A, B1 dan B2, dan mineral. Vitamin A adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang meliputi retinol dan karotenoid. Karoten yang terkandung dalam buah duku merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi sel dari radikal bebas.

2. Vitamin B

Buah duku mengandung Vitamin B1 atau tiamin yang dapat membantu memecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah. Sementara itu, riboflavin atau Vitamin B2 yang ditemukan dalam buah duku juga dapat membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.

3. Serat

100 gram buah duku mengandung lebih dari 2 gram serat. Jumlah tersebut bisa memenuhi 8 sampai 11 persen kebutuhan serat untuk wanita dewasa dan 6 sampai 8 persen kebutuhan serat untuk pria dewasa. Makanan tinggi serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan juga membantu mencegah sembelit.

4. Antioksidan alami

Buah duku merupakan sumber antioksidan alami. Selain mengandung Vitamin A, buah ini juga mengandung polifenol, sejenis antioksidan alami. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam “Food Chemistry” menemukan bahwa langsat atau duku memiliki kemampuan antioksidan yang mirip dengan buah-buahan tropis lain seperti pisang dan pepaya.

Inilah beberapa manfaat dari buah duku atau langsat. Semoga bermanfaat!