Peraturan Masa Pensiun PNS,Guru, dan Pengawas

Berkenaan dengan pemberitaan di Harian Suara Merdeka edisi Senin, 26 Maret 2012 pada rubrik EDUKASIA halaman 9 yang berjudul “ Pengawas Sekolah Resah “, bersama ini dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

1. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1979 tentang Pemberhentian PNS Pasal 3 ayat (2) disebutkan bahwa Batas Usia Pensiun PNS adalah 56 (lima puluh enam) tahun

2. Dalam Pasal 4 ayat (1) PP 44 Tahun 2011 Tentang Perubahan PP 32 Tahun 1979 Tentang Pemberhentian PNS disebutkan bahwa Batas Usia Pensiun PNS dapat diperpanjang bagi PNS yang memangku jabatan tertentu.

3. Selanjutnya berdasarkan Pasal 4 ayat (2) huruf b angka 4 Peraturan Pemerintah Nomor  44 Tahun 2011 disebutkan bahwa Batas Usia Pensiun PNS dapat diperpanjang sampai dengan 60 (enam puluh) tahun bagi PNS yang memangku jabatan Pengawas Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Dasar, Taman Kanak-Kanak atau jabatan lain yang sederajat.

4. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2010 tentang Perpanjangan Batas usia pensiun PNS yang menduduki Jabatan Fungsional Penilik dalam kolom Menimbang huruf b disebutkan bahwa perpanjangan batas usia pensiun bagi PNS yang menduduki habatan fungsional Penilik dilakukan dengan mempertimbangkan kesetaraan dengan jabatan fungsional Pengawas.

5. Berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor K.26-30/V.353-6/99 tanggal 20 Desember 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2010 tentang Perpanjangan Batas Usia Pensiun bagi PNS yang Menduduki Jabatan Fungsional Penilik disebutkan tatacara perpanjangan batas usia pensiun bagi Penilik.

6. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen disebutkan bahwa batas usia pensiun Guru adalah 60 (enam puluh) tahun.

7. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka

a. Batas Usia Pensiun PNS adalah sebagaimana yang telah secara tegas disebutkan di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 1979 sebagaimana tersebut di atas, yaitu 56 tahun. Sedangkan untuk PNS yang diangkat dalam jabatan fungsional Guru pengaturannya didasarkan pada Undang-undang Guru dan Dosen, yaitu 60 tahun.

b. Jabatan fungsional Pengawas sekolah merupakan jabatan fungsional tersendiri dan tidak termasuk dalam jabatan fungsional Guru, sehingga batas usia pensiunnya tidak mengacu kepada Jabatan Fungsional Guru, tetapi mengacu kepada ketentuan Pasal 4 (2) huruf b butir 4 dari PP 44 Tahun 2011 yaitu 56 tahun dan dapat diperpanjang sampai dengan usia 60 tahun.

c. Peraturan Pelaksanaan Perpanjangan Batas Usia Pensiun   yang sudah diterbitkan adalah peraturan pelaksanaan untuk jabatan fungsional Penilik yaitu Surat Kepala BKN Nomor K.26-30/V.353-6/99 tanggal 20 Desember 2010 sebagai pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2010.

d. Surat Kepala Kantor Regional I BKN Nomor: K.REG.I/153/901/2011 bermaksud mempertegas kembali ketentuan tentang batas usia pensiun Pengawas Sekolah sebagaimana tersebut diatas.

Demikian tanggapan kami, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

An. Kepala Kantor Regional I
Badan Kepegawaian Negara
Kepala Bidang Status Kepegawaian dan Pensiun

SAMIR GUNAWAN, SH
NIP. 19611227 199103 1001

3 thoughts on “Peraturan Masa Pensiun PNS,Guru, dan Pengawas”

  1. Trimks pak atas infonya, dan bagaimana dengan dikeluarkan UU no. 5 tahun 2014 tersebut (mohon penjelasan untuk kami-kami yang ada di pedalaman ini ? Trimkas

    • tentunya Bapak A. Rani sdh mendapatkan berita bahwa sejak 1 Februari 2014 Pejabat Eselon 2 setingkat Ka Dinas Pensiun menjadi 60 tahun dan Eselon 3 Kabid dan Kasi Pensiun usia 58 tahun

  2. Sayangnya pemerintah tak memberi juknis/juklak bagaimana mekanisme/tatacara yang baku secara nasional bagaimana proses perpanjangan BUP bagi pengawas sekolah tsb. Sejak terbitnya PP No.32/1979 semua pengawas sekolah di Kab. Ketapang pensiun pada usia 60 tahun tanpa proses perpanjangan, dengan demikian sudah menjadi pengetahuan umum yang berlangsung puluhan tahun ( > 30 th) bahwa BUP pengawas sekolah adalah 60 tahun.

    Bicara memang enak, tapi pelaksanaan di lapangan bermasalah yang semuanya harus ditanggung sendiri oleh pengawas sekolah ybs, bagaimana yang sudah terlanjur pensiun 60 th tanpa proses perpanjangan ? bagaimana yang sudah hampir pensiun katakanlah sudah mencapai usia 59,2 tahun dan terlanjur belum pernah diperpanjang ? haruskah mereka mengembalikan gaji yang diterima dari kelebihan batas usia tersebut ? Kenapa para pejabat berlomba-lomba memperpanjang batas usia pensiunnya sendiri ? Akan banyak generasi muda potensial dan bersih terhambat untuk meniti karir & berperan memperbaiki sistim birokrasi sencarut ini. Tolonglah jangan hanya mikir kepentingannya sendiri.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.